Kamis, 18 Juli 2013

KURIKULUM 2013 Menampakkan Wujudnya di Bhumi Smanela


Diberlakukannya kurikulum 2013 membawa banyak perubahan di semua sisi pendidikan, mulai dari tingkat taman kanak-kanak samapai dengan tingkat lanjutan. Banyak yang berpendapat bahwa pemberlakuan kurikulum ini merupakan kemunduran pendidikan Indonesia. Karena mereka menganggap bahwa kurikulum kali ini sama dengan kurikulum terdahulu, mengedepankan  ilmu-ilmu lokal dan berorientasi pada asia timur. Banyak juga yang masih kebingungan dalam menerapkannya di dunia pendidikan. Hal ini Nampak jelas dari sikap Departemen Agama yang menyatakan bahwa tahun depan baru akan melaksanakan kurikulum 2013. Meskipun berbagai seminar dan workshop sudah diselenggarakan tetap saja tidak bisa mengobati kebingungan praktisi pendidikan dalam menerapkan aturan tersebut di tempat pendidikan masing-masing.

Di tengah hirup pikuk tersebut untuk tahun ajaran baru kali ini (Tapel. 2013 – 2014), SMANELA mendapat kewajiban untuk memberlakukan Kurikulum 2013. Hal yang Nampak berubah adalah penjurusan kali ini dimulai dari kelas X. Penjurusan yang  kali ini dikenal sebagai Peminatan terdiri dari Peminatan Matematika Sains, Ilmu Sosial dan Bahasa.

Menghadapi hal tersebut Departeman Pendidikan dan Kebudayaan membagikan buku paket kurikulum terbaru ke semua sekolah yang ditunjuk wajib  menerapkan kurikulum 2013. Buku paket tersebut untuk saat ini di SMANELA dan SMAN lain baru terdiri dari tiga judul yaitu Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia dan Matematika. Karena buku-buku tersebut baru datang tiga minggu sebelum waktu masuk sekolah maka pihak perpustakan ngebut untuk mempersiapkannya. Mulai dari pencatatan dalam buku induk, pemberian kelengkapan buku dan penyampulan.

Untuk Kelas XI dan XII masih menggunakan Kurikulum terdahulu yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Pesan dari pihak perpustakaan kepada siswa baru SMANELA terkait pembagian buku baru; Supaya menjaga buku-buku tersebut dari segala macam kerusakan agar masih layak pakai untuk angkatan setelahnya; Supaya maksimal memanfaatkan buku-buku tersebut demi lancarnya KBM dan demi terwujudnya cita-cita menjadi siswa cerdas berbudi pekerti luhur. Dan yang tak kalah pentingnya, selalu kami sampaikan agar lebih giat kan budaya membaca, sering-seringlah berkunjung ke Perpustakaan SMANELA tercinta. Buktikan bahwa perpustakaan kita pantas mendapatkan gelar Perpustakaan Sekolah, Terbaik di Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar